Close
PUSAT PELATIHAN

TATA Learning Center adalah pusat pelatihan untuk teknisi dealer TATA yang berlokasi di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (CEVEST), Jl. Guntur Raya No. 1 Kayuringin Jaya Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat. TATA Learning Center hadir setelah penandatanganan atas kerja sama antara TATA Motors Distribusi Indonesia dengan BBPLK/CEVEST pada tanggal 26 Juli 2013. Bapak Biswadev Sengupta selaku Presdir TATA Motors dan Bapak Drs. Aris Wahyudi selaku Direktur Cevest sepakat untuk bekerjasama dalam membangun bangsa ini, melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan TATA Motors dan Cevest. Cevest sebagai Lembaga pelatihan pemerintah, memiliki sarana pendukung pelatihan yang lengkap, sedangkan TATA Motors selaku produsen otomotif terkemuka di India memiliki pengalaman dan teknologi yang dapat dikembangkan pada masyarakat Indonesia. Dengan semangat saling bersinergi, kedua institusi ini saling mendukung program-program pelatihan kedua belah pihak. Baik program pelatihan yang diselenggarakan oleh Cevest atau program pelatihan TATA Motors.

Sebagai dukungan penuh terhadap kegiatan pelatihan TATA Motors di Cevest, Kedua belah pihak sepakat untuk membangun ruang kelas khusus untuk pelatihan TATA Motors. Ruang tata kelas yang bagus mendukung segala jenis kegiatan pelatihan regular, baik teori maupun praktek. Dilengkapi dengan fasilitas meja dan kursi yang ekonomis, AC, LCD projector, screen, white board, meja praktek, rak alat khusus dan beberapa engine stand untuk dijadikan fasilitas ruang kelas yang nyaman. Hal ini agar pelatihan lebih maksimal dan efisien, tanpa harus kehilangan waktu karena harus berpindah tempat ketika kegiatan teori dan praktek berlangsung.

TATA Motors berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia Indonesia melalui program pelatihan yang bermanfaat, terutama untuk para teknisi yang siap menghadapi tantangan dalam memberikan perawatan dan perbaikan kendaraan TATA Motors. SALAM PLAY STRONG!!!

PINTAR BERSAMA TATA

Pintar Bersama TATA (PBT) adalah program service team TATA Motors Indonesia untuk memberikan jaminan purna jual terbaik bagi pelanggan.Sampai dengan tahun 2017 ini, TATA Motors telah melatih ribuan mekanik dealer TATA, bengkel mitra, bengkel umum, fleet customer hingga calon mekanik pencari kerja pada program CSR. Para teknisi tersebut mengikuti program pelatihan regular TATA Motors seperti: Product Familiarization for passenger car, small commercial vehicle, light commercial vehicle dan heavy commercial vehicle, Technical 1, Basic Electrical, Technical 2, Engine Management System & Diagnostic Expert Technician. Program ini dirancang untuk membangun pengetahuan dan keterampilan teknisi baru agar mereka kompeten dalam melakukan perawatan dan perbaikan.

PELATIHAN SOPIR ANGKOT

Salah satu program pelatihan yang dilakukan TATA Motors adalah pelatihan untuk para sopir angkot. Berlatar belakang mobil TATA Super Ace yang menggunakan teknologi mesin diesel Turbo Charge Inter Cooler, TMDI perlu mensosialisasikan teknologi Super Ace, terutama kepada sopir angkot. Kebanyakan dari mereka, sebelumnya menggunakan mobil bermesin bensin, sehingga perlu pengetahuan dan keterampilan untuk mengubah perilaku pengemudi. Tujuannya adalah efisiensi dalam berkendara, karena mobil angkot ini paling lama waktu operasionalnya dibanding angkutan pick-up atau minibus lainnya. Jadi, sosialisasi ini seputar konsumsi bahan bakar yang irit, jangka waktu kanvas rem dan kopling yang lebih panjang umurnya, agar mesin selalu handal setiap saat.

TIPS PERAWATAN KENDARAAN TATA
1. Biarkan mesin idle selama 1 menit setelah distarter dan sebelum
dimatikan.
2. Periksa oli mesin setiap hari, oli harus terlihat diantara tanda
MIN dan MAX.
3. Pastikan indicator glow plug mati sebelum starter kendaraan.
4. Gunakan oli mesin SAE 15W40.
5. Ganti oli mesin setiap 10,000 km.
6. Ganti saringan oli setiap 10,000 km.
7. Ganti saringan solar setiap 10,000 km.
8. Ganti saringan udara ketika indikator saringan udara berwarna merah.
9. Gunakan oli transmisi SAE 75W/80 GL4.
10. Ganti oli transmisi setiap 80,000 km.
11. Gunakan oli gardan 85W-140 GL5
12. Ganti oli gardan setiap 80,000 km.
13. Periksa grease bearing roda setiap 10,000 km, tambah jika perlu.
14. Gunakan selalu bahan bakar berkualitas untuk mendapatkan performa
maksimum dari mesin.
15. Hindari habis solar selama perjalanan. Sering habis solar dapat
memicu rusaknya pompa injeksi.
16. Biasakan menambah kecepatan secara perlahan dan gunakan gigi
yang lebih tinggi supaya irit.
17. Injak pedal rem perlahan dan selalu jaga jarak aman.
18. Segera perbaiki jika ada kebocoran air atau oli.
Terlambat memperbaiki bisa fatal akibatnya.
19. Rotasi ban setiap 10,000 km.
20. Bersihkan intercooler dengan air bertekanan rendah.

OTHER TIPS
Tips Menghidupkan Mobil Diesel Lihat atau Download File (PDF)

Tips Merawat Turbo Charger & Inter Cooler Lihat atau Download File (PDF)