Thank you for your interest, you will hear from us.
Jakarta, 11 September 2012: Tata Motors, perusahaan otomotif global terbesar asaI India, hari ini resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Tata Motors menyerahkan operasinya di Indonesia secara penuh kepada anak perusahaannya, PT Tata Motors Indonesia. Dengan melihat kenyataan bahwa pasar terbesar otomotif di Asia Tenggara adalah Indonesia, PT Tata Motors Indonesia akan terjun berkompetisi di pasar kendaraan penumpang dan komersial.
Indonesia adalah pasar kunci bagi Tata Motors yang memiliki berbagai macam produk, mulai dari mobil kecil hingga bus di segmen kendaraan penumpang dan dari 0,5 Ton Mini-Trucks hingga 49 Ton Heavy Trucks di segmen kendaraan komersial. PT Tata Motors Indonesia akan mulai meluncurkan produk-produknya pada tahun 2013, oleh karena itu persiapannya tengah dilakukan secara komprehensif.
Mengenai resminya kehadiran Tata Motors di Indonesia, Mr. Karl Slym, the Managing Director of Tata Motors mengungkapkan, “Kami sangat gembira dan merasa terhormat bisa hadir di Indonesia. Seperti di tempat lain di dunia dan sesuai dengan praktek usaha yang dijalankan Tata, kami akan beroperasi sebagai sebuah perusahaan Indonesia, yang merespon dan terinspirasi oleh kebutuhan dan aspirasi konsumen Indonesia, serta berkontribusi pada masyarakat di mana kami berada. Kami akan mendirikan operasi lokal yang berakar dan akan tumbuh seiring dengan kemakmuran negara dan masyarakatnya.”
Berbicara di Jakarta, Mr. Ravi Pisharody, Executive Director (Commercial Vehicles) of Tata Motors, mengatakan, “Portofolio kami mengacu secara global. Kami yakin bahwa kendaraan kami akan menjadi pilihan cerdas bagi konsumen Indonesia yang bijak. Berangkat dari berbagai input konsumen, kami akan memperkenalkan secara progresif berbagai pilihan kendaraan penumpang dan komersial yang relevan bagi Indonesia, dilengkapi dengan infrastruktur distribusi dan layanan yang akan mendekatkan kami pada seluruh konsumen.”
Menguraikan rencana-rencananya di Indonesia, Mr. Biswadev Sengupta, President Director of PT Tata Motors Indonesia, mengatakan, “Riset kami menunjukan bahwa ada peluang besar bagi kendaraan Tata Motors di Indonesia, dengan kondisi operasional dan kebutuhan konsumen yang mirip dengan konsumen kami di India dan seluruh dunia. Kami sangat yakin akan mampu menyediakan solusi mobilitas yang cerdas bagi Indonesia. Saat ini, fokus kami adalah membangun jaringan layanan dan suku cadang yang kuat.”
PT Tata Motors Indonesia akan meluncurkan produk kendaraannya saat telah memiliki sekitar 10 hingga 15 diler resmi di seluruh Indonesia, yang akan melayani penjualan, servis dan suku cadang. Dalam periode tiga tahun, Tata Motors menargetkan akan membuka 60 diler 3S (Sales, Service, Spareparts), 100 bengkel dan lebih dari 300 toko suku cadang.
Perusahaan ini juga merencanakan kemungkinan untuk mendirikan basis manufaktur di Indonesia untuk melayani negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Investasi yang signifikan juga direncanakan untuk melokalisasi penyediaan komponen-komponen.
Tata Motors akan berpartisipasi di dalam Indonesia International Motor Show ke-20 di Jakarta, mulai 20 September 2012 yang akan datang. Perusahaan ini akan memamerkan 14 kendaraan penumpang dan komersial Tata, sebagai bagian dari perkenalan secara progresif pada pasar di Indonesia. Pameran ini juga akan menampilkan paviliun hijau khusus kendaraan-kendaraan Tata CNG, yang sedang dibutuhkan di Indonesia.
Tentang Tata Motors
Tata Motors adalah perusahaan otomotif terbesar India dengan pendapatan terkonsolidasi sebesar USD 32.5 milyar di 2011-12. Melalui anak perusahaan dan perusahaan rekanannya, Tata Motors telah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Spanyol dan Afrika Selatan. Di antara produk Tata Motors, terdapat juga Jaguar Land Rover, usaha yang terdiri dari dua brand Inggris yang iconic. Tata Motors juga menjalin usaha patungan dengan Fiat di India. Dengan lebih dari 7,5 juta kendaraan Tata beroperasi di seluruh dunia, Tata Motors menyandang gelar sebagai pabrikan bus dan truk terbesar keempat di dunia. Kini mobil-mobil, bus dan truk produksi Tata Motors dipasarkan di berbagai negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Amerika Selatan.
(www.tatamotors.com; juga follow kami di Twitter:https://twitter.com/TataMotors)