fbpx

Close

TIGA INSPIRASI dan SOLUSI dari INSPIRAKSI

INSPIRAKSI adalah program CSR yang bertujuan memberikan solusi kepada masyarakat dan inspirasi solusinya berasal dari Masyarakat

Jakarta, 24 Juni 2014 : PT. Tata Motors Indonesia (TMI), anak perusahaan Tata Motors Ltd, produsen otomotif global asal India pemilik merek Tata Motors mengumumkan akan memulai project CSR INSPIRAKSI – Hati Tergerak Tangan bergerak yang sudah diluncurkan pada bulan Juni 2013 lalu.

INSPIRAKSI adalah program CSR yang digagas oleh Tata Motors Indonesia, dan dilaksanakan bersama Dompet Dhuafa sebagai penyalur dana bantuan, dibawah bimbingan Kedutaan Besar India di Jakarta dan Baramulti Sukses Sarana sebagai partner. INSPIRAKSI merupakan program CSR yang pelaksanaannya dilakukan melalui media sosial Facebook Tata Motors Indonesia.

Dalam menentukan siapa yang perlu diberikan bantuan dan proyek sosial kemasyarakatan apa yang pantas dibantu pendanaan-nya, Tata Motors Indonesia melalui program CSR INSPIRAKSI berinteraksi terlebih dahulu dengan sahabat Facebook Tata Motors Indonesia. Sehingga, gagasan dan inspirasi CSR datang langsung dari sahabat Facebook Tata Motors Indonesia.

“Perbedaan INSPIRAKSI dengan program CSR yang lain adalah INSPIRAKSI menampung inspirasi langsung dari sahabat Tata Motors di Facebook sebagai representasi masyarakat luas, dalam menentukan siapakah sosok yang paling inspiratif di Indonesia dan proyek sosial apa yang perlu dibantu pendanaannya, ujar Biswadev Sengupta, President Direktur TMDI.

Biswadev menegaskan, INSPIRAKSI adalah program CSR yang bertujuan memberikan solusi kepada masyarakat dan inspirasi solusinya berasal dari Masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat Tata Motors global, Inspired by People dan Tata Motors Indonesia, yakni memberikan solusi cerdas kebutuhan berkendara masyarakat.

Dari hasil ratusan saran dan inspirasi solusi di media sosial Facebook, tim INSPIRAKSI menyaring sebanyak 30 proyek sosial dan setelah observasi dilakukan, tim INSPIRAKSI memilih 3 (tiga) buah proyek sosial yang inspiratif di pelaksanaan tahap I program INSPIRAKSI 2013-2014. INSPIRAKSI tahap selanjutnya, yakni INSPIRAKSI tahap II 2014-2015 akan membantu proyek sosial yang berbeda.

Berikut tiga program sosial solutif berikut dengan sosok inspiratif-nya masing-masing:

1. Desa Penebar Kecerdasan oleh Muhammad Fauzi
2. Kampung Sahabat Desain Grafis oleh Solehuddin
3. Sekolah Rakyat Untuk Sumbawa Barat oleh Sri Astuti

Di bawah asuhan Dompet Dhuafa dan Tim INSPIRAKSI, ketiga proyek sosial dengan tiga sosok inspiratif yang menjadi motor proyek sosial tersebut, akan mengembangkan proyek sosialnya masing-masing. Sehingga, proyek yang akan berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat tersebut dapat berkembang lebih baik lagi dan solusi sosial yang diharapkan dapat terwujud.

Berikut adalah profil dari sosok inspiratif dengan proyek sosialnya masing-masing:

Muhammad Fauzi – Desa Penebar Kecerdasan

Muhammad Fauzi ter–inspirasi oleh mimpinya yang ingin menjadikan masyarakat desa yang cerdas, tidak tertinggal dan tidak dibodohi. Dan sebagai korban lumpur Sidoarjo, Fauzi tidak bisa sekolah tinggi karena masalah ekonomi. Tetapi dengan semangatnya, sambil berjualan jamu Fauzi mengantar buku-buku bekas ke warung Poskamling dan secara bergilir Fauzi mengantar ke warung-warung lain agar masyarakat bisa membaca buku dan mendapatkan ilmu pengetahuan secara gratis.

Buku-buku tersebut dikumpulkan Fauzi dari sumbangan orang-orang. Setelah usai masa distribusi, buku-buku tersebut disimpan di gudang yang saat ini dijadikan pusat belajar desa. Selain itu Fauzi juga menyediakan internet untuk warga desa dan semua biaya berlangganan internet ia dapatkan dari hasil berjualan jamu.

“Harapan saya dengan adanya program Desa Penebar Kecerdasan, makin banyak ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh warga desa. Sehingga warga desa menjadi cerdas dan tidak mudah dibodohi,” ungkap Muhammad Fauzi.

Solehuddin – Kampung Sahabat Desain Grafis

Solehuddin yang akrab disapa Huddi ini adalah pemuda desa pantang menyerah dan selalu senang berbuat demi teman dan warga kampung. Meski tidak sekolah tinggi, Huddi memiliki tekad yang kuat bekerja jadi tukang sablon mug (gelas keramik) dan spanduk. Untuk pesanan desain Huddi melakukan sendiri.

Keuntungan usahanya tersebut Huddi gunakan untuk membantu warga kampung khususnya untuk mendorong pemuda kampung mau belajar desain grafis agar tidak menganggur bisa bekerja atau membuka lapangan pekerjaan. Dengan ruang yang sangat terbatas, Huddi tidak pernah lelah dan punya harapan bisa mendirikan balai pelatihan desain grafis, karena Huddi yakin, dengan kemampuan desain grafis setiap orang dapat bekerja.

“Program Kampung Sahabat Desain Grafis, diharapkan dapat memberikan bekal kepada warga kampung saya, teman-teman saya satu kampung untuk terjun dalam dunia pekerjaan,” ungkap Solehuddin

Sri Astuti – Sekolah Rakyat Untuk Sumbawa Barat

Sri Astuti adalah seorang pemudi desa yang pernah sakit POLIO tetapi memiliki prestasi. Sarjana lulusan Universitas Mataram ini mengawali aksi sosialnya dengan menjadi penyuluh ke pelosok desa. Dia kerap membantu mengajar untuk warga desa yang tidak mampu siang dan malam tanpa bayaran.

Mimpinya teguh untuk pendidikan. Kendati sering terkendala jarak yang cukup jauh, Sri tetap menempuh puluhan kilo dengan andong kuda untuk mengangkut seragam bekas yang ia terima dari donatur untuk dibagikan kepada siswa-nya di tempat ia mengajar.

“Berkat bantuan yang kami terima, warga desa kini mempunyai sekolah yang dapat menampung para murid sehingga mereka dapat belajar dengan nyaman,” ujar Sri Astuti.

Program INSPIRAKSI – Hati Tergerak Tangan Bergerak merupakan program CSR Tata Motors Indonesia yang menjadi payung kegiatan sosial yang akan dilakukan setiap tahun. Program ini diharapkan dapat mendorong pengembangan aksi-aksi sosial kepedulian yang mengoptimalkan media sosial di Indonesia. Informasi lengkap dapat dilihat di akun Facebook – Tata INSPIRAKSI.

Tentang Tata Motors
Tata Motors adalah perusahaan mobil terbesar di India, dengan pendapatan konsolidasi USD 34,7 milyar pada 2012-13. Melalui anak perusahaan dan perusahaan asosiasi, Tata Motors telah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia. Nama besar yang digandeng Tata Motors adalah Jaguar Land Rover, bisnis yang menyandang merek mobil  paling terkenal di Inggris. Tata Motors juga memiliki perusahaan patungan dengan Fiat di India. Lebih dari 8 juta kendaraan Tata Motors telah tersebar di seluruh dunia. Tata Motors adalah produsen truk terbesar kelima di dunia dan produsen bus terbesar keempat dan merupakan produsen kendaraan penumpang terbesar India. Mobil Tata, bus dan truk telah dipasarkan di berbagai negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Selatan, CIS dan Rusia.
Kunjungi (www.tatamotors.com, www.tatamotors.co.id dan ikuti Twitter kami: @TataMotorsID)

Untuk informasi lebih jauh tentang PT Tata Motors Distribusi Indonesia, harap menghubungi:
Mr. Kiki Fajar
Public Relations – Manager
PT. Tata Motors Indonesia
fajar.harianto@tatamotors.com | fajar.harianto@gmail.com|

Mr. Hendri Satrio
Triliant Communications
hendri.satrio@triliantcomm.com